Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Cara Menghitung Perkalian 1 Sampai 10 dengan Cepat

Sains301 - Menghitung merupakan salah satu cara untuk mengetahui hasil, baik hasil tersebut dari perkalian, penjumlahan, pengurangan, akar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan ilmu pasti.

Sekarang ini mungkin metode menghitung dahulu sudah tidak lagi digunakan untuk menyelesaikan suatu perhitungan, maka dari itu dibutuhkan suatu kecepatan khusus tanpa harus menggunakan rumus dan juga alat hitung lainnya, dan yang hanya digunakan adalah teknik dalam penyelesaiannya.

Disini saya akan mencoba memaparkan mengenai cara menghitung perkalian 1 sampai 10 dengan cepat dan tentunya asyik dalam menyelesaikannya, lalu pastikan juga anda mencobanya serta mau mengajarkannya pada seseorang.

Mungkin anda akan bertanya serta penasaran, bagaimana bisa menghitung cepat tanpa menghapal tabel perkalian? Silakan simak artikel ini dengan baik, karena setelah ini saya akan memberikan cara menghitung perkalian dengan cepat tanpa kalkulator dan pastikan andapun melakukannya.

Berikut cara menghitung perkalian 1 sampai 10 dengan cepat

Di bawah ini saya akan mencoba akan mengalikan angka satuan sampai dengan angka sepuluh, yaitu 6 dikali 8 berapa hasilnya?. Anda bisa mencobanya dengan cara memilih angka lain dari satu sampai sepuluh yang disukai kemudian lakukan cara yang sama.

1. Contoh soal pertama (6 kali 8)

Pertama silakan tulis di atas kertas bilangan yang dikalikan, tulis seperti gambar 1 yang ada di bawah ini, pastikan juga telah membuatkan dua lingkaran yang masing-masing terletak di bawah angka yang dikalikan.

Baik, setelah itu perhatikan baik-baik dari kedua perkalian tersebut, maka saya akan menyebutkan bahwa angka 6 adalah angka yang kekurangan 4 untuk menjadi 10 sehingga saya akan menuliskan angka 4 tepat didalam lingkaran di bawah angka 6.

Selain itu, saya juga akan menuliskan angka 2 didalam lingkaran tepat dibawah angka delapan, sebab angka delapan kekurangan dua angka untuk menjadi sepuluh, maka gambar pertama akan berubah sebagai berikut.

Sekarang saya akan mengetahui angka pertama dari jawaban perkalian tersebut, yang mana diperoleh dari pengurangan silang, disini saya akan memilih 6 dikurangi 2, yaitu sama dengan 4. Maka dapat dipastikan bahwa jawaban angka pertama adalah 4.

Pada tahap ini juga, anda juga bisa memilih angka 8 yang akan dikurangi angka 4, dan hasilnya pasti akan sama, yaitu 4. Nah, setelah saya melakukan pengurangan secara silang, maka kurang lebih gambarnya seperti berikut.

Pada tahap terakhir saya akan mencari jawaban setelah angka 4... dari haril jawaban, dan saya telah menemukan angka delapan yang diperoleh dari perkalian 4 dengan 2, keduanya berada didalam lingkaran yang telah dibuat, sehingga gambar yang ada di atas akan berubah menjadi seperti gambar berikut.

Bagaimana kawan, sangat mudah bukan? Dan apakah dengan contoh soal di atas belum juga cukup. Baik disini saya akan melanjutkan dengan memberikan contoh soal yang berbeda dengan sebelumnya, namun masih dalam satu topik yaitu perkalian dari angka satu sampai dengan angka sepuluh.

Dan apakah cara ini bisa digunakan untuk menghitung perkalian bilangan puluhan seperti yang dibahas pada contoh soal pertama di atas? Yap, silakan coba saja. Karena kami sudah membuatkan artikel dalam bentuk terpisah dengan judul cara cepat menghitung perkalian bilangan puluhan.

2. Contoh soal kedua (5 kali 7)

Baiklah, sekarang kita lanjutkan bahasan lainnya, dan kali ini saya akan memberikan contoh soal yang sangat mudah dan tentunya anda juga tahu jawabannya tanpa menghitung dengan cara yang ada didalam artikel ini.

Saya ambil soal yang mudah supaya anda dapat memahaminya dengan baik juga dapat menjawab perkalian dibawah sepuluh lainnya dengan melakukan cara yang sudah saya berikan tanpa harus menulis di kertas coretan, artinya dengan memejamkan kedua mata dan dibayangkan, maka akan diperoleh jawabannya.

Baik kita masuk kedalam pembahasan soal yang kedua dan kita tahu bahwa 5 kali 7, jawabannya adalah 35. Namun jika kita menggunakan cara yang digunakan pada contoh soal pertama mungkin jawabannya adalah 215, dan terlihat gambar coretannya sebagai berikut.

Sebenarnya hal ini tidak ada kesalahan pada metode yang saya berikan, coba sekarang perhatikan gambar berikut yang mana menjelaskan bahwa hasilnya diperoleh dari penjumlahan antara 2 dan 15. Munkin anda juga akan berpikir, harusnya 2 ditambah 15 sama dengan 17 dong. Baik saya sampaikan dua disana adalah puluhan, yaitu 20 sehingga jika kita jumlahkan hasilnya 35.

Supaya anda tidak salah paham lagi dan dapat mengikuti cara yang pada contoh soal pertama, silakan anda perhatikan hasil coretan saya dibawah ini yang membuktikan bahwa jawabannya adalah 35 dan bukan 215 hasilnya.

Bagaimana kawan sampai contoh ini bisa diikuti, jika masih bingung cobalah untuk memahami kembali dari contoh soal yang pertama, sebab jika tidak anda akan kesulitan dalam menyelesaikan jenis soal lainnya.

3. Contoh soal ketiga (8 kali 8)

Perkalian 8 dengan 8 sangatlah mudah untuk diketahui hasilnya jika sebelumnya anda telah hapal tabel perkalian matematika, dan akan lebih mudah lagi jika menggunakan cara perhitungan yang akan saya bagikan di bawah ini.

Sekarang kita perhatikan soal perkalian di atas dan tulis pada kertas kosong, setelah itu buatlah dua lingkaran masing-masing tepat di bawah angka delapan.

Selanjutnya kita tahu bahwa kedua angka tersebut kekurangan angka dua untuk menjadi nilai sepuluh, maka saya akan berpikir bahwa untuk mengetahui angka jawaban pertama, saya hanya cukup mengurangi angka delapan sebelah kiri dengan angka dua yang ada didalam lingkaran sebelah kanan, maka saya peroleh angka 6.

Setelah saya peroleh jawaban pertama, maka selanjutnya perlu saya kalikan kedua bilangan yang ada didalam lingkaran supaya memperoleh angka jawaban yang kedua, dari sini saya tahu bahwa dua kali dua sama dengan 4. Nah, angka Empat itulah jawaban angka terakhirnya.

Dan dapat ditulis dengan jawaban 64, bagaimana kawan sangat mudah bukan? Sekarang perhatikan gambar hasil langkah-langkah yang saya lakukan untuk mencari jawaban dari contoh soal ketiga ini, sebagai berikut.

Latihan Soal Perkalian 1 sampai 10 dengan cepat

Saya anggap apa yang sudah dijelaskan di atas sudah lebih dari cukup dan untuk mengasah kemampuan anda dengan memperdalam cara menghitung perkalian satu sampai sepuluh dengan cepat, maka sikalan kerjakan soal-soal yang ada di bawah ini.

Di bawah ini adalah jawaban dari soal yang ada di atas dan selanjutnya silakan sesuaikan hasil hitung anda dengan jawaban yang telah saya buat, tepatnya ada di bawah.

  • a) 81
  • b) 64
  • c) 49
  • d) 63
  • e) 72
  • f) 54
  • g) 45
  • h) 56

Demikianlah artikel tentang cara menghitung perkalian 1 sampai 10 dengan cepat, dan saya kira ini adalah salah satu cara menghitung cepat tanpa harus menggunakan alat hitung yang ada, harapan saya semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Banyak teknik atau cara mudah dalam menyelesaikan soal matematika yang belum banyak diketahui oleh orang. Seperti halnya cara cepat menghitung bilangan lima kuadrat khusus angka lima, kalau kita gunakan cara konsep bisa saja kita memerlukan waktu yang cukup untuk mengerjakannya. Namun, jika teknik yang saya gunakan itu sudah pasti tidak akan memerlukan waktu banyak.


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
Oldest Post
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301