Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Rumus Momen Inersia Berikut Penjelasannya

Momen inersia adalah massa benda yang berputar (I), dan secara metematis momen inersia ini merupakan hasil kali antara massa partikel dengan kuadrat jarak terhadap sumbu putarnya. Untuk persamaannya dapat ditulis sebagai berikut.

Rumus Momen Inersia

Berikut ini adalah rumus momen inersia untuk berbagai bentuk benda dan sumbu putarnya.

Contoh Soal yang Berhubungan dengan Momen Inersia

Pada soal disebutkan bahwa sebuah yoyo yang memiliki masa m ditarik oleh gaya, sehingga yoyo mengalami pergerakan menggelinding seperti pada gambar. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan dan amati resultan gaya yang bekerja.

Dengan memahami rumus momen inersia dan cara menghitungnya, kita dapat memahami bagaimana benda bergerak dan bagaimana kita dapat memprediksi perubahannya. Selalu ingat bahwa momen inersia adalah ukuran dari kemampuan benda untuk mempertahankan posisi tetapnya dan memiliki aplikasi yang luas dalam bidang fisika, mekanika, dan teknologi. Karena itu, penting untuk memahami rumus ini dan bagaimana menggunakannya dengan benar.


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301