Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Konversi Bilangan Biner ke Bilangan Desimal

Bilangan biner adalah sistem bilangan yang terdiri dari dua angka saja, yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan biner sering digunakan dalam dunia komputasi dan elektronika karena perangkat-perangkat tersebut bekerja dengan dasar dua (on/off, true/false, 0/1). Setiap angka dalam sistem bilangan biner disebut dengan bit (binary digit) dan setiap 8 bit disebut dengan byte.

Dalam bilangan biner, setiap digit menempati posisi yang nilainya merupakan kelipatan dari dua, dimulai dari 2 pangkat 0 atau 1 (yang berarti nilai dari posisi tersebut adalah 1), kemudian berlanjut ke kiri. Sebagai contoh, bilangan biner 1010 dapat diubah menjadi bilangan desimal dengan menghitung nilai masing-masing bitnya: 0

Sebagai contoh perhatikan dan pelajari secara mandiri mengenai konversi atau mengubah bilangan biner kedalam bilangan desimal. Pada postingan ini, saya akan memberikan cara lain yang berbeda dengan cara di atas.

Konversi bilangan Biner ke Desimal

Carilah Bilangan desimal dari biner 0.

Cara yang pertama anda bisa dengan menghitung nilai bitnya masing-masing, 0

0

Cara kedua, kamu bisa tanyakan langsung pada guru fisika (Dedi Suarna). Dibawah ini adalah tulisan dan coretan beliau saat mengerjakan soal konversi bilangan biner ke desimal.

Sekarang kita coba dengan angka lain, silakan tentukan angka desimal dari bilangan biner 10010

Pembahasan:

Demikianlah postingan singkat mengenai cara mudah konversi bilangan biner ke bilangan desimal.


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301