Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Trik Jitu Perkalian Bilangan Belasan dengan Bilangan Rujukan

Perkalian bilangan belasan mungkin merupakan salah satu hal yang membingungkan ketika belajar matematika. Namun, dengan trik jitu menggunakan bilangan rujukan, Anda dapat menghemat waktu dan meningkatkan kecepatan dalam berhitung.

Dalam artikel ini, Saya akan memperkenalkan Anda pada metode perkalian bilangan belasan dengan bilangan rujukan yang mudah dipahami dan dapat langsung diterapkan. Jadi, mari pelajari trik jitu perkalian bilangan belasan dengan bilangan rujukan bersama-sama!

Mengalikan Bilangan Belasan dengan Bilangan Rujukan

Sekarang, mari kita lihat bagaimana metode ini dapat digunakan dengan baik untuk mengalikan bilangan belasan yang ada.

Sebagai contoh kita akan mengalikan bilangan 13 dengan 14 dan angka sepuluh sebagai bilangan rujukannya. Ada alasan kenapa angka sepuluh ini dijadikan oleh saya sebagai bilangan rujukannya? Jawabannya adalah angka sepuluh mendekati kedua angka belasan tersebut.

Kita perhatikan bahwa bilangan 13 dan 14 nilainya lebih besar dari 10 (bilangan rujukan), maka kita buat lingkaran di atas kedua bilangan ini.

Karena kita menggunakan angka sepuluh sebagai rujukannya, maka berapakah lebihnya? Benar, 3 dan 4.

Dari sini kita dapat menuliskan angka lebihnya atau 3 dan 4 dalam lingkaran yang ada di atas 13 dan 14. 13 adalah 10 ditambah 3, jadi kita dapat menambahkan angka lebihnya di atas bilangan 13 berikut dengan tanda plus di depannya. Begitupula dengan 14 yang ditulis dalam lingkaran plus empat karena lebihnya.

Selanjutnya, seperti pemahaman yang sudah diperoleh pada pembahasan pertama tentang trik perkalian yakni mengerjakannya secara diagonal, 13 ditambah 4 atau 14 ditambah 3 hasilnya 17. Nah, tulislah angka 17 setelah tanda sama dengan (=).

Kemudian kalikan 17 dengan bilangan rujukan (10) sehingga akan diperoleh nilai 170 (ini adalah subtotal pertama).

Langkah terakhir, kalikan bilangan yang ada di dalam lingkaran tepatnya di atas (tidak dengan bilangan rujukan). Kita tahu bahwa bilangan tersebut dalah 3 dan 4, nah kalikan kedua bilangan ini sehingga akan memperoleh nilai 12 (ini adalah subtotal kedua).

Lalu jumlahkan nilai subtotal pertama dan kedua, yaitu 170 ditambah 12 sama dengan 182 (ini adalah jawaban perkalian belasan untuk 0).

Latihan soal

Sekarang cobalah untuk menyelesaikan soal-soal di bawah ini dengan menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas, lalu sesuaikan jawabanmu dengan jawaban yang ada.

Jika jawabanmu ada yang salah, baca lagi dan pahami kembali pada awal postingan kemudian carilah dimana letak kesalahannya setelah itu silakan kerjakan kembali.

Mengenai hal ini, ada pertanyaan bagaimana jika yang dikalikan adalah 12 dengan 21? Jawabannya adalah: Tidak jauh berbeda dengan pembahasan sebelumnya dan gunakan saja bilangan rujukan 10 agar lebih mempermudah proses perhitungan.

Disini kita menggunakan bilangan rujukan 10 dan kita lihat kedua bilangan yang kita kalikan lebih besar dari 10 sehingga kita dapat meletakkan lingkaran di atas.

Melihat angka 12 yang lebih dua dari angka rujukan, kita simpan angka 2 di dalam lingkaran di atas angka 12 dengan tanda plus dan ketika Anda melihat angka 21 mempunyai kelebihan 11 dari bilangan rujukan sehingga kita dapat menuliskan 11 di atas angka 21 dengan tanda plus.

Selanjutnya kita jumlahkan secara diagonal, diperoleh 23 dan kalikan dengan bilangan rujukannya sehingga menghasilkan 230 (ini subtotal pertama jawabanmu).

Sekarang kalikan kedua bilangan yang ada di dalam lingkaran (tidak termasuk angka rujukan), diperoleh nilai 22 (ini subtotal kedua). Nah, jumlahkan subtotal pertama dengan kedua yaitu 230 + 22 = 252 (inilah jawaban akhir dari 0)

Catatan: Jika bilangan yang dikaliakan lebih besar dari bilangan rujukan, letakan di atasnya dan berikan tanda plus (pada angka lebih). Namun, jika bilangan yang kita kalikan lebih kecil dari bilangan rujukannya, kita letakkan (angka kurangnya) pada lingkaran di bawah dengan memberikan tanda minus.

Itulah postingan singkat mengenai Trik Jitu Perkalian Bilangan Belasan dengan Bilangan Rujukan. Semoga dapat dipahami dengan baik, tapi jika mengalami kesulitan silakan tingkalkan pesan dalam komentar.


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301