Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Usaha dan Energi Berikut Contoh Soalnya

Usaha adalah perkalian antara gaya yang searah dengan perpindahannya dan energi itu sendiri, kemampuan untuk melakukan usaha. Keduanya saling berhubungan, itulah sebabnya kenapa materi ini harus kamu pahami bersamaan.

Mungkin kamu sudah mengenal lebih jelas tentang materi Fisika, usaha dan energi di bangku SMP. Kali ini kamu akan mengenal lebih mendalam berikut dengan beberapa contoh soalnya.

Usaha

Jika kamu perhatikan gambar di atas benda yang ditarik oleh gaya menunjukkan arah horizontal (sejajar dengan bidang), maka usahanya adalah gaya dikalikan dengan perpindahannya. Namun, jika gaya membentuk sudut jelas persamaannya beda lagi sesuai dengan sudut acuan bidang.

Pastinya, harus bisa membedakan jarak dan perpindahan. Ingat, pada usaha adalah perpindahan dan bukanlah jarak. Apa perbedaannya? Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu objek sedangkan perpindahan merupakan jarak dari titik acuan awal benda bergerak hingga titik akhir.

Contoh soal usaha berikut pembahasan

Baca juga: Kenapa Usaha yang Dilakukan sama dengan Nol

Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha, pada postingan kali ini kamu akan fokus pada bahasan energi kinetik dan energi potensial berikut dengan hubungannya dengan usaha. Tapi, tahukah kamu apa itu energi kinetik dan energi potensial?

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda bergerak dengan kecepatan tertentu sedangkan energi potensial merupakan energi yang dimiliki benda karena kedudukannya.

Energi Kinetik dan Hubungannya dengan Usaha

Energi Potensial dan Hubungannya dengan Usaha

Contoh soal energi kinetik berikut pembahasan

Contoh soal hubungan usaha dengan energi potensial berikut pembahasan

Itulah postingan mengenai usaha dan energi berikut dengan contoh soal pembahasannya. Semoga artikel singkat ini memberikan informasi penting buat kamu.


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301