Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Rumus Operasi Bilangan Pecahan

Sebelum pada rumus operasi bilangan pecahan, kita bahas terlebih dahulu bentuk pecahan biasa. Umumnya pecahan biasa adalah pembilang dibagi dengan bilangan penyebut.

Dalam bentuk umum pecahan terrsebut, kita harus pahami sifat dari suatu pecahan. Sebagai berikut:

Berikut Rumus Operasi Bilangan Pecahan

1. Rumus pecahan biasa

Sifatnya:

  1. .Pecahan dengan pembilang yang tetap (sama)
  2. Jika penyebutnya semakin besar maka nilai pecahan semakin kecil, begitu juga sebaliknya jika penyebutnya semakin kecil maka nilai pecahan semakin besar.

  3. Pecahan dengan penyebut yang tetap (sama)
  4. Jika pembilangnya semakin besar maka nilai pecahan semakin besar, dan jika penyebutnya semakin kecil maka nilai pecahan semakin kecil.

2. Rumus pecahan campuran

Pecahan campuran merupakan pecahan yang terdapat bilangan bulat di dalamnya.

3. Pecahan desimal dan pecahan per seratus (persen)

Pecahan desimal adalah pecahan dengan penyebut 10, 100, 1000, dan seterusnya. Sedangkan persen adalah bentuk pecahan dengan penyebut 100, biasanya dilambangkan dengan % (persen). Perhatikan bentuknya di bawah ini:

4. Operasi hitung dalam pecahan

Rumus atau operasi hitung bilangan pecahan di bawah ini sangat membantu kalian dalam menyelesaikan soal yang berbentuk pecahan sekaligus menjadi hapalan tambahan.

Baca juga: PPT Bilangan Bulat dan Pecahan

Demikianlah artikel singkat mengenai kumpulan rumus operasi bilangan pecahan. Semoga postingan ini dapat membantu kamu dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk pecahan.


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301