Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Jenis-jenis Simbiosis Sebagai Bentuk Interaksi antar Makhluk hidup

Jenis-jenis Simbiosis - Woi, dengerin deh, gue mau bahas tentang simbiosis. Ini adalah interaksi keren antara dua makhluk hidup yang berbeda. Ada hubungan yang saling menguntungkan, ada yang bikin satu pihak dirugikan, dan ada juga yang nggak berpengaruh sama sekali.

Jadi, simbiosis ini tuh kayak hubungan jangka panjang antara dua makhluk hidup yang beda-beda. Bisa aja mereka saling membantu dan berbagi keuntungan, itu disebut mutualisme. Contohnya, si tawon ngumpulin nektar dari bunga dan bantu penyerbukan, sementara bunga kasih makanan ke si tawon. Win-win solution, bro!

Tapi, ada juga simbiosis yang satu pihak dirugikan, itu namanya parasitisme. Misalnya, si kutu tubuh yang ngisep darah dari hewan lain, bikin hewan itu jadi lemah dan sakit. Kurang asyik sih ini, tapi ya udah, itu hidup.

Ada juga komensalisme, di mana satu pihak diuntungkan dan yang lainnya gak ngaruh. Misalnya, burung elang yang bangun sarang di pohon, gak ganggu si pohon tapi burungnya bisa tinggal di situ. Seimbang lah!

Terakhir, ada amensalisme, yang satu pihak bikin yang lainnya susah. Misalnya, pohon gede yang rimbun ngalahin tanaman kecil di bawahnya buat dapet sinar matahari. Gak adil sih, tapi ya hidup juga.

Jadi, intinya simbiosis itu adalah hubungan deket antara dua makhluk hidup yang berbeda. Ada mutualisme yang saling menguntungkan, parasitisme yang satu pihak dirugikan, komensalisme yang satu untung satu nggak berpengaruh, dan amensalisme yang bikin satu pihak jadi susah. Semoga paham ya, bro!

Itulah postingan singkat berjudul Jenis-jenis Simbiosis Sebagai Bentuk Interaksi antar Makhluk hidup yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang pengetahuan sains terbaru lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman Sains301


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301