Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Proses Pencernaan Lemak dalam Tubuh

Proses Pencernaan Lemak dalam Tubuh - apa yang terjadi sama lemak di dalam tubuh kita. Jadi begini, lemak di dalam tubuh kita mengalamin proses yang disebut metabolisme. Proses ini terjadi pas lemak dipecah jadi asam lemak dan gliserol oleh enzim lipase. Nah, proses ini terjadi di saluran pencernaan kita.

Sebelum lemaknya diserap oleh usus, asam lemak ini bakal bereaksi sama garam empedu dan membentuk senyawa kayak sabun gitu. Terus, senyawa ini bakal diserap oleh usus kecil kita dan dipecah lagi jadi asam lemak dan garam empedu.

Nah, asam lemak ini bakal bereaksi sama gliserol lagi dan jadi lemak lagi. Terus, lemaknya akan diangkut oleh pembuluh getah bening di usus kita ke pembuluh getah bening di dada sebelah kiri. Setelah itu, lemaknya bakal masuk ke pembuluh balik bawah di leher sebelah kiri.

Intinya, bro, lemak di dalam tubuh kita mengalamin proses yang disebut metabolisme. Lemaknya dipecah jadi asam lemak dan gliserol di saluran pencernaan kita. Sebelum diserap, asam lemak bereaksi sama garam empedu dan jadi senyawa sabun. Terus, senyawa itu diserap sama usus dan dipecah lagi jadi asam lemak dan garam empedu.

Asam lemaknya bakal bereaksi sama gliserol lagi dan jadi lemak lagi. Nah, lemaknya akan diangkut oleh pembuluh getah bening di usus menuju pembuluh getah bening di dada kiri. Terus, masuk ke pembuluh balik bawah di leher sebelah kiri. Gitu, bro, prosesnya!

Berikut Proses Pencernaan Lemak dalam Tubuh

Demikian artikel tentang proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh yang bisa kami bagikan disini. Informasi lengkap lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman sains 301

Baca juga: Proses Pencernaan Protein Dalam Tubuh


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301