Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Proses Pencernaan Protein dalam Tubuh

Proses Pencernaan Protein dalam Tubuh - Bro, sekarang kita mau bahas tentang protein dan apa yang terjadi kalo kita kebanyakan makan protein. Gini, protein itu nggak bisa disimpen dalam tubuh kita, jadi kalo kita makan protein lebih dari kebutuhan, tubuh kita bakal langsung buang atau ubah jadi zat lain.

Ada zat sisa hasil penguraian protein yang mengandung nitrogen, itu akan dibuang lewat air seni, sedangkan zat sisa yang nggak mengandung nitrogen bakal diubah jadi karbohidrat atau lemak.

Nah, bro, oksidasi 1 gram protein bisa menghasilkan energi sebanyak 4 kalori. Tapi kalo kita kebanyakan makan protein, itu bisa bikin masalah, nih.

Bagaimana Jika Kelebihan Protein dalam Tubuh?

Kelebihan protein dalam tubuh bisa bikin hati dan ginjal kita bengkak, karena organ-organ itu kerja lebih berat buat menguraikan protein dan buangnya lewat air seni.

Jadi, intinya kalo kebanyakan makan protein, tubuh kita bakal buang kelebihan protein itu atau ubah jadi zat lain. Zat sisa protein yang mengandung nitrogen akan dibuang lewat air seni, sementara yang nggak mengandung nitrogen bakal jadi karbohidrat atau lemak. Tapi hati dan ginjal kita bakal jadi tambah bekerja berat kalo kebanyakan protein, dan bisa bikin bengkak. Jadi, makan protein harus seimbang, bro, jangan kelewat banyak!

Baca juga: Proses Pencernaan Karbohidrat Dalam Tubuh

Berikut proses pencernaan protein dalam tubuh

Demikian artikel tentang proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh yang bisa kami bagikan disini. Informasi lengkap lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman sains 301


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301