Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Proses Pencernaan Karbohidrat Dalam Tubuh

etelah kita makan karbohidrat, di dalam usus halus kita karbohidrat itu dipecah jadi monosakarida, yang bentuk sederhananya gitu. Nah, monosakarida ini tuh dibawa oleh darah kita, sebagian ke hati dan sebagian lagi ke sel-sel jaringan lainnya.

Di hati, monosakarida ini bisa diubah jadi glikogen, yang jadi cadangan energi. Atau, glikogen itu juga bisa dioksidasi jadi CO2 dan H2O, atau dilepaskan ke darah buat ke bagian tubuh yang butuh.

Jadi, hati kita tuh punya peran penting dalam mengatur kadar glukosa di dalam darah. Kalo kadar glukosa naik, hati bisa ngerubah glikogen jadi glukosa buat ngatur kadar darah.

Dan ada hormon insulin yang dikeluarin sama pankreas, yang bantu hati dalam proses ini. Kalo kita makan banyak karbohidrat, glukosa dalam darah bakal naik, jadi hati akan bikin lebih banyak glikogen.

Tapi kalo kita banyak beraktivitas dan banyak energi dipake, kadar glukosa dalam darah bisa turun. Nah, di situ glikogen akan diuraikan jadi glukosa lagi, buat dipake jadi sumber energi.

Intinya, bro, setelah kita makan karbohidrat, karbohidrat itu dipecah jadi monosakarida di dalam usus halus. Monosakarida ini dibawa oleh darah ke hati dan jaringan tubuh lainnya. Di hati, monosakarida bisa diubah jadi glikogen atau dioksidasi jadi CO2 dan H2O. Hati juga bisa ngatur kadar glukosa dalam darah dengan bantuan insulin.

Kalo banyak karbohidrat dimakan, hati bikin glikogen lebih banyak. Tapi kalo banyak energi dipake, glikogen diuraikan jadi glukosa buat jadi sumber energi. Jadi, itulah prosesnya setelah kita makan karbohidrat, bro!

Demikian artikel tentang proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh yang bisa kami bagikan disini. Informasi lengkap lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman sains 301


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301