Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Prinsip Kerja Transformasi Energi pada Mitokondria

Bro, kita mau bahas nih prinsip kerja transformasi energi pada mitokondria. Gini, di dalam sel kita ada organel yang namanya mitokondria, tempat yang jadi pusat transformasi energi. Mitokondria ini kaya motor yang bikin energi dalam bentuk makanan kita diubah jadi energi yang bisa kita pakai buat beraktivitas.

Jadi begini, mitokondria itu kayak mesin energi di dalam tubuh kita. Kalo kita makan makanan, misalnya karbohidrat atau lemak, di dalam mitokondria ini energi dari makanan itu bakal diolah. Prosesnya kayak ngerubah bentuk energi dari zat kimia di makanan jadi energi yang bisa kita pakai, kayak gerak atau aktivitas lainnya.

Nah, cara kerjanya tuh kayak perangkaian reaksi kimia yang kompleks, geng. Di mitokondria, makanan kita dipecah-pcahin jadi molekul-molekul kecil yang ngandung energi. Nah, molekul-molekul ini bakal masuk ke dalam proses yang namanya siklus Krebs. Dalam siklus Krebs ini, energi dari molekul-molekul tersebut bakal dilepas, dan dari situ terbentuk molekul lain yang punya energi juga.

Perhatiin prosesnya pada gambar di atas yah.,.

Intinya, mitokondria ini tempat transformasi energi yang penting dalam tubuh kita. Makanan yang kita makan, kayak karbohidrat atau lemak, diubah di mitokondria jadi energi yang bisa kita pakai. Prosesnya kompleks, kayak reaksi kimia dan siklus Krebs. Jadi, mitokondria ini bener-bener pusatnya energi dalam tubuh kita, geng!

Baca juga: Transformasi Energi dalam Sel

Demikian artikel singkat mengenai Prinsip Kerja Transformasi Energi pada Mitokondria yang bisa kami bagikan disini dan untuk informasi tentang pengetahuan sains terbaru lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman sains301


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301