Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan

Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan - Kali ini kita akan bahas topik yang menarik dan penting, yaitu tentang gangguan dan kelainan pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem vital dalam tubuh kita yang berperan penting dalam mencerna makanan dan menyerap nutrisi.

Namun, kadang-kadang gangguan atau kelainan bisa terjadi, dan hal ini perlu kita ketahui agar bisa lebih menjaga kesehatan pencernaan kita. Yuk, mari kita simak lebih lanjut tentang gangguan dan kelainan pada sistem pencernaan, serta bagaimana cara mencegah dan mengatasinya.

Berikut Gangguan dan Kelainan pada Sistem Pencernaan

Yuk, kita bahas beberapa masalah pencernaan yang sering terjadi dan penyebabnya. Cekidot!

1. Refluks asam lambung

Ini terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan karena otot cincin yang seharusnya mencegah makanan kembali ke kerongkongan lemah.

2. Esofagitis

Kerongkongan mengalami peradangan, bikin nggak enak banget. Nyeri, sulit menelan, dan bisa menyebabkan penyempitan kerongkongan.

3. Akalasia

Saraf di kerongkongan rusak, jadinya makanan susah masuk ke lambung. Bisa bikin kamu merasa mual dan makan jadi nggak enak.

4. Gastritis

Dinding lambung yang meradang, bisa tiba-tiba (akut) atau dalam jangka panjang (kronis). Bisa bikin tukak lambung, loh.

5. Tukak lambung

Luka terbuka di lambung atau usus. Nggak nyaman banget, bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau pemakaian obat antiinflamasi nonsteroid lama.

6. Radang usus

Usus mengalami peradangan, ada 2 jenis, Crohn dan kolitis ulseratif. Bedanya, kolitis ulseratif cuma di usus besar, Crohn bisa di seluruh saluran pencernaan.

7. Divertikulitis

Kantong-kantong aneh di saluran pencernaan yang peradangan. Bisa bikin gejala aneh, seperti demam, mual, dan sembelit atau diare.

8. Proktitis

Rektum yang peradangan, bikin sering pengen BAB (tenesmus). Nyeri juga bisa ngerasa di perut, rektum, dan anus.

9. Kanker usus besar

Kanker yang bisa bermula dari polip adenoma. Jadi, kita harus selalu waspada sama polip, ya.

10. Fisura ani

Luka terbuka di sekitar anus. Bisa bikin anus merasa sakit dan perdarahan saat buang air besar.

11. Wasir

Pembengkakan pembuluh darah di atau di dalam anus. Kadang-kadang bisa bikin gatal dan nyeri, tapi bisa nggak menimbulkan gejala juga.

Baca juga: Sistem Pencernaan pada Manusia

Jadi, gitu deh beberapa masalah pencernaan yang sering kita temui. Semoga penjelasannya membantu, ya!


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301