Skip to main content
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301

Jembatan Wheatstone (Listrik Dinamis)

Pernahkan kamu mendengar apa itu JW atau Jembatan Wheatstone? Benar sekali, Jembatan Wheatstone adalah istilah dimana suatu rangkaian listrik yang memiliki hambatan minimal lima resistor/hambatan atau lebih dan umumnya berbentuk segi empat dengan satu hambatan memotong secara diagonal yang terlihat jelas serta dikenal dengan sebutan jembatan wheatstone.

Dalam postingan ini, kamu akan lebih jauh mengenal apa dan bagaimana cara menghitungnya sehingga dengan adanya postingan yang satu ini kamu akan merasa terbantu dalam menyelesaikan jenis soal rangkaian listrik yang sangat rumit seperti jembatan wheatstone.

Bentuk Jembatan Wheatstone

Umumnya jembatan wheatstone ini memiliki tiga bentuk rangkaian. Namun, kamu juga akan menjumpai jenis bentuk lain dan bisa saja kamu akan dibuat bingung dengan bentuk gambar pada soal latihan.

Coba kita lihat gambar di bawah ini:

Terlihat bahwa bentuk rangkaian pertama, kedua, dan ketiga yang menunjukkan tampilan yang berbeda. Walaupun demikian, yang perlu diingat adalah kalikan silang. Jika nilainya sama dengan kali silang lainnya, maka dapat dipastikan tidak ada arus yang mengalir pada jembatan wheatstone ini.

Sebagai contoh perhatikan rangakaian berikut. Seandainya yang ditengah adalah sebuah galvanometer, yang dapat mendeteksi keberadaan aliran listrik pada rangkaian tersebut.

Jika arus yang mengalir melewati galvanometer itu bernilai nol (Is=0), maka berlaku persamaan di bawah:

R2xR4=R1xR3

Ini sudah pasti bahwa tidak ada arus yang mengalir pada Galvanometer dan kita bisa menghapusnya jika galvanometer tersebut adalah sebuah hambatan. serta kita menemukan hambatan seri 1 (R2 dan R3), seri 2 (R1 dan R4) yang dapat dijumlahkan dan kita selesaikan dengan mencari hambatan pengganti paralelnya sebagai akhir.


Catatan:

Silahkan pelajari materi lebih dalam dari sumber dengan mengklik link Referensi Belajar untuk postingan ini. Terima kasih
Newest Post
PrivacyDisclaimer
©2024 SAINS 301